CANDI ABANG BUKITNYA TELLETUBIS

CANDI ABANG BUKITNYA TELLETUBIS

Candi Abang, siapa sich yang gak tau candi abang? Ya candi abang ini berupa gundukan tanah yang berada diatas bukit yang menyerupai bukit telletubies. Di candi abang anda tidak akan menemukan susunan batu ataupun relief yang pada umumnya ada pada candi-candi seperti Candi BorobudurCandi Prambanan dan Candi Barong.

Candi Abang terbuat dari susunan batu bata merah, oleh karena itu dinamakan candi Abang (merah), candi Abang ini bergitu unik karena susunannya tidak seperti candi-candi yang lain. Saat pertama kali ditemukan candi Abang ini hanya berupa gundukan batu bata merah yang meneyerupai piramida, dengan alasnya 36 x 34 meter saja. Namun dibagian tengah candi terdapat sumur serrta tangga yang terbuat dari batu gamping.

CANDI ABANG BUKITNYA TELLETUBIS

Kini bentuk Candi Abang lebih menyerupai sebuah bukit dalam serial film kartun anak-anak, Bukit Telletubies. Rumput hijau yang menutupi permukaan candi menjadikan kesan Bukit Telletubies semakin kuat. Di sekitar candi terdapat padang rumput yang luas, lengkap dengan kupu-kupu berterbangan di atasnya. Suasananya yang sepi dan asri membuat Candi Abang layak dijadikan lokasi piknik bersama kerabat maupun hunting foto. Saat senja tiba, pengunjung bisa menyaksikan mega yang berubah warna dari puncak bukit.

Alamat Candi Abang :
Candi Abang terletak di Dusun Sentonoreji, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman. Candi ini bisa dicapai menggunakan sepeda, kendaraan roda dua, hingga kendaraan roda empat. Untuk mencapai tempat ini wisatawan cukup menyusuri Jalan Raya Jogja – Piyungan. Sesampainya di Km 8 akan ada penunjuk arah menuju lokasi candi.
CANDI ABANG BUKITNYA TELLETUBIS

Tips Berkunjung ke Candi Abang
Untuk mendapatkan pemandangan terbaik Candi Abang, berkunjunglah ke tempat ini pada musim penghujan karena pada saat itu rumput tumbuh dengan subur menutupi permukaan bukit sehingga terlihat seperti bukit telletubies, warna hijaunya rumput membuat semakin indahnya Candi Abang.

Waktu terbaik untuk mengunjungi candi ini adalah pagi hari tatkala mentari belum tinggi atau sore hari sembari menyaksikan sunset yang mempesona.

Berhubung tempat ini sepi dan tidak ada penjual atau pun warung, pastikan Anda membawa bekal makanan dan minuman dari rumah. Jika memungkinkan bawalah tikar untuk piknik. Bukankah itu ide yang menarik?

Untuk menghindari sengatan mentari yang terik bawalah topi, payung, atau penutup kepala lainnya.

CANDI ABANG BUKITNYA TELLETUBIS


Selain itu ajaklah keluarga ataupun pasangan anda ke Candi Abang, agar liburan anda semakin berwarna.

Comments